Tips Merawat Tali Pusat / Puser Bayi

Tali pusat merupakan penghubung plasenta dengan bayi, dan akan dipotong pendek sesaat setelah bayi lahir. Biasanya pangkal tali pusat akan mengering dalam kurun waktu dua (2) minggu, tetapi tiap bayi berbeda dan beberapa diantaranya membutuhkan waktu lebih lama.

Berikut beberapa tips cara merawat tali pusat/puser :

  1. Pastikan tetap kering. Sisa tali pusat akan lebih cepat kering dan sembuh jika sering terkena udara. Jangan menutupnya dengan popok atau plastik. Keringkan dengan benar jika tali pusat basah.
  2. Pastikan tidak infeksi. Adanya pendarahan ringan pada tali pusat tidak perlu terlalu dikhawatirkan. Waspadai dan perhatikan jika kondisinya bernanah atau keluar bau tidak sedap, segera hubungi dokter.
  3. Pastikan kebersihannya. Gunakan kapas steril yang telah di rendam/dicelup dalam alkohol. Usapkan pada bagian pangkal tali pusat termasuk daerah sekitarnya dan lipatan-lipatan pusar dengan perlahan. Lakukan dua kali sehari.
Be Sociable, Share!

Tags: ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN