Tips Menjadi Orang Tua Yang Ideal

Bunda, ….anak merupakan anugerah yang terindah dalam hidup kita, sebagai orang tua kita juga mengharapkan anak-anak kita menjadi anak yang sholeh dan sholehah. Oleh karena itu sebagai orang tua  kita juga harus mempunyai pola asuh yang baik, beberapa tips yang dapat digunakan orang tua untuk mempererat hubungan dengan anak-anak.

  • Menyediakan waktu untuk anak

Komunikasi yang baik memerlukan waktu  yang berkualitas dan ini yang kadang tidak dipikirkan oleh orang tua.Tak sedikit orang tua yang meyakini bahwa yang penting adalah kualitas bukan kuantitas. Padahal dalam hal ini komunikasi, kuantitas juga diperlukan .Bila orang tua bisa memberikan waktu yang berkualitas bagi anaknya, maka itu berarti  ia sudah mengasihi dan memperhatikan anaknya.

  • Berkomunikasi secara pribadi

Jangan tunggu sampai anak bermasalah, setiap kali ada kesempatan, manfaatkan momen tersebut untuk mengajak anak berbicara.Bicara di sini tidak sekedar basa-basi, menanyakan apa kabarnya hari ini, akan tetapi sebaiknya orang tua juga bisa menyelami perasaan senang , sedih, marah maupun keluh kesah anak.

  • Menghargai anak

Hargai keberadaan anak. Jangan hanya menganggapnya sebagai anak kecil. Kalaupun sedang bicara dengan anak,posisikan dirinya sebagai sosok yang dihargai dan sederajat. Dalam beberapa hal tertentu ada yang lebih diketahui anak ketimbang orang tua. Jadi ada baiknya orang tua pun belajar untuk menghargai dan mendengarkan pendapat anaknya.

  • Mengerti anak

Dalam komunikasi dengan anak, orang tua sebaiknya berusaha untuk mengerti dunia anak, memandang posisi mereka, mendengarkan apa ceritanya dan apa pendapatnya. Mengenali apa yang menjadi suka dan duka, kegemaran, kesulitan, kelebihan, serta kekurangan mereka.

  • Menciptakan hubungan yang baik

Hubungan yang erat dapat mempersempit jurang pemisah antara orang tua dan anak.Dengan demikian anak mau bersikap terbuka dengan menceritakan seluruh isi harinya tampa ada yang ditutup-tutupi di hadapan orang tua.

  • Berikan sentuhan/dekapan fisik dan kontak mata

Usahakan setiap hari untuk menyentuh, melakukan kontak mata dan dekapan fisik dengan anak. Anak akan merasakan kasih sayang dan kehangatan dari orang tuanya.

  • Denganrkan anak

Orang tua sebaiknya belajar untuk menjadi pendengar aktif bagi anaknya. Dengan demikian anak akan tahu bahwa orang tua mampu memahaminya seperti yang mereka rasakan. Cara ini akan membuat anak merasa penting dan berharga. Selain itu anak akan belajar untuk mengenali, menerima, dan mengerti perasaan mereka sendiri, serta menemukan cara untuk mengatasi masalahnya.

Be Sociable, Share!

Tags: , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN