Tips Mencegah Infeksi Gigi Dan Mulut Pada Anak

gigi anak

Sebenarnya secara umum infeksi di gigi dan mulut anak-anak dan orang dewasa sama saja. Berdasarkan asalnya infeksi gigi dan mulut dibagi 2, yaitu gigi dan karang gigi.

Infeksi pada gigi terjadi karena adanya lubang pada gigi (karies) . Kuman akan masuk melalui lubang gigi ini sampai ke akar gigi hingga terjadi infeksi. Infeksi dari gigi ini ada bermacam-macam, misalnya dento-alveolar abses ( infeksi yang terjadi pada gigi dan tulang alveolar), sub mandibular abses (infeksi ditulang rahang bawah), dan masih banyak lagi.

Karang gigi adalah kotoran yang menempel di gusi dan sela-sela gigi dan makin lama akan makin mengeras. Karang gigi ini tidak bisa dibersihkan hanya dengan menyikat gigi .Karang gigi harus dibersihkan oleh dokter gigi dengan tindakan yang disebut scalling. Awal terbentuknya karang gigi berasal dari pelikel (lapisan tipis yang menempel digigi) terdiri dari jaringan mati ,kuman,dan sisa-sisa makanan.palikel ini kemudian akan menjadi plaque yang bisa menjadi karang gigi. Kuman yang ada pada karang gigi ini akan mengiritasi gusi dan mendorong gusi semakin kebawah sehingga menyebabkan gigi menjadi goyang.

Infeksi yang terjadi di daerah mulut dan gigi dapat menjadi sumber infeksi pada organ tubuh yang lain, sehingga infeksi-infeksi ini sering disebut sebagai focus infeksi. Jika didiamkan , infeksi pada mulut dan gigi bisa menyebar kejantung ,hati, ginjal, sendi, bahkan otak.

Batasi anak anda dalam mengkonsumsi makanan manis terutama sukrosa olahan ,misalnya permen, coklat, tart, dan es krim. Setelah mengkonsumsi makanan tersebuat sebaiknya minta anak untuk berkumur dengan air sehingga sukrosa yang menempel akan terbuang agar bakteri tidak dapat tumbuh.

Berikut Tips mencegah infeksi mulut dan gigi:

  • Biasakan anak menggosok gigi minimal 2 kali sehari . kalu bisa 3 kali lebih baik lagi. Sebelum tidur wajibkan untuk menggosok gigi , karena pada saat tidur aktivitas dimulut akan berhenti sehingga bakteri menjadi aktif.
  • Lakukan fluoridasi sehingga gigi sulung anak akan tumbuh dengan kuat. Fluor akan menyebabkan gigi menjadi lebih kuat dan tidak mudah larut jika terkena asam yang dihasilkan oleh bakteri.
  • Konsultasi¬† ke dokter gigi minimal 3 bulan sekali. Hal ini karena pada anak dari awal terbentuknya lubang gigi sampai terjadi infeksi hanya memakan waktu 3 bulan sedang pada orang dewasa butuh waktu 6 bulan.

Human ,Basuki Eka Purnama

Be Sociable, Share!

Tags: , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN