Tips Agar Anak Mau Makan Sayur dan Buah

tips agar anak mau makan sayur dan buah

Bunda, betapa sulitnya menyuruh anak-anak untuk mau makan sayur dan buah, hal ini hampir dialami sebagian besar orang tua di seluruh dunia. Jangankan menggigit atau menelan, ketika disodori sepotong kecil buah pepaya anak sudah berlari menjauh. Ya kan bun ?

Hmm… padahal segala kebutuhan vitamin yang baik untuk pertumbuhan si kecil  ada pada buah dan sayur. Bagaimana agar ananda mau membuka mulut untuk sebuah suapan satu sendok penuh sayur bayam. Tenaaang… ini dia caranya dihimpun dari Wikihow.com

Berikan contoh pola makan sehat
Anak-anak akan meniru pola hidup dan pola makan sehat dari orang tuanya.

Pilih camilan sehat untuk anak
Sediakan camilan sehat seperti salad buah dan sayur di kulkas yang mudah diambil atau dijangkau anak-anak.

Bila perlu disiplinkan anak
Rumah bukanlah kafetaria di mana anak bisa mendikte makanan apa yang baik menurut mereka. Jika anak menolak menu sayur yang Anda buat, tidak mengapa. Anda bisa menyimpan hingga mereka merasa lapar. Hangatkan secukupnya dan segera sajikan untuk anak Anda.

Berganti-ganti menu sayur
Ada beragam cara memasak sayur, cobalah variasi masakan dan memasak dengan berbagai cara untuk mengetahui makanan apa yang mereka sukai.

Mengombinasi sayur dengan makanan favorit anak

Jika anak Anda menyukai makaroni dan keju, Anda bisa mencampur dengan  brokoli kukus atau kacang polong di dalamnya. Namun,  jika anak Anda suka spaghetti atau mie, Anda bisa mencampurnya dengan tomat, jamur atau kacang polong dan wortel tak ketinggalan saus tomat. Kadang-kadang mencampurkan sayuran ke dalam makanan yang mereka suka membuat mereka mau menyantap sayur tanpa menyadarinya.

Cobalah membuat jus sayur dan buah
Ketika membuat jus buah dan sayur, ajaklah anak untuk ikut membuat jus. Mereka kemungkinan besar akan lebih tertarik untuk meminum ‘hasil karya’ mereka sendiri. Kombinasikan jus dengan wortel, apel dan seledri kemudian berikan hiasan berupa stroberi merah atau cherry merah di bibir gelas, agar anak-anak makin suka.

Tuh Mom, mudah kok membiasakan anak agar mau menyantap sayur dan buah. Bila perlu, ajak anak-anak ketika berbelanja sayuran dan buah, dan biarkan mereka memilih sendiri sayuran atau buah-buahan favorit. Berikan hadiah jika mereka berhasil memakan sayur dan buah yang sudah dipilih tadi.

 

Sumber : Molto.co.id

Be Sociable, Share!

Tags: , , , , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN