Tindakan Pertama Mengatasi Anak Diare

Diare merupakan penyakit yang sering dialami anak. Orang tua tidak perlu panik jika anaknya diare karena diare merupakan mekanisme tubuh mengeluarkan racun, bakteri dan virus. Yang perlu diwaspadai adalah, janagn sampai anak mengalami dehidrasi karena diare.

Berikut ini adalah tindakan pertama yang perlu dilakukan orang tua jika anaknya mengalami diare:

1. Anak harusĀ  diberikan cairan lebih dari biasanya, terutama cairan khusus anak yang mengandung elektrolit untuk mencegah terjadinya dehidrasi. Pemberian air putih saja tidaklah cukup bagi anak yang mengalami diare.

Orangtua bisa membuat cairan elektrolit dengan melarutkan 1-2 sendok makan gula dan garam seujung sendok teh kedalam air putih satu gelas. Untuk kalori bisa diberikan air tajin, 1 sdm tepung beras 100 cc air dimasak sampai mendidih.

2. Sebagian orang tua kadang-kadang mempuasakan anak saat diare, karena khawatir makanan yang dimakan akan memperparah keadaan diare anak. Hal ini tidaklah tepat. Makanan harus tetap diberikan, yakni makanan yang mudah dicerna. Sebaiknya jangan berikan sayuran karena seratdari sayuran susah dicerna sehingga bisa meningkatkan frekuensi diarenya.

3. Tidak semua buah-buahan yang cocok untuk anak yang sedang mengalami diare. Pisang dan apel adalah buah yang cocok diberikan karena pisang dan apel mengandung serat dan lemak yang dapat memadatkan buang air besar anak

4. Makanan berupa Banana, Rice, Apple, Toast (BRAT) sangat bagus diberikan saat anak diare, karena penelitian terakhir menunjukkan bahwa mengonsumsi lemak dan serat secara bersamaan akan membuat buang air besar menjadi padat, mengurangi frekuensi diare, serta risiko dehidrasi (kekurangan cairan tubuh).

Selain itu, orang tua perlu membiasakan anaknya hidup bersih, mencuci tangan dan meakan-makanan yang terjamin gizi dan kebersihannya.

Namun yang perlu diingat, jika anak mengalami dehidrasi dengan ciri badan lemah, mata cekung, tidak ada buang air kecil, ubun-ubun lunak, orangtua harus segera membawa anak ke dokter, agar anak mendapatkan penanganan yang lebih serius dari ahlinya. Tak satu pun orang tua yang menginginkan anaknya sakit.

sumber gambar : http://medicastore.com

Be Sociable, Share!

Tags: , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN