Solusi Tepat Anak Susah Makan

Solusi Tepat Anak Susah MakanMasalah makan pada anak memang dialami hampir semua orang tua . Bahkan 99% dari bunda mengelukan tentang hal ini. Agar cara menghadapi anak yang susah makan dilakukan dengan benar tanpa meninggalkan trauma dr.Gary Adhianto, SpA tak segan membagikan ilmunya .”Dalam proses makan , lakukanlah feeding. Proses memberi makanan yang didalamnya terdapat interaksi yang baik antara anak dan si pemberi makan (dalam hal ini bisa orang tua atau pengasuh). jika interaksi yang terjadi kurang baik , akan mengakibatkan anak malas makan ,”jelas dr.Gary. Selain itu, proses pemberian air susu ibu (ASI) pada bayi juga menjadi bekal untuk kedepannya. Saat bayi menghisap ASI langsung pada payudara ibu, lidah dan organ mulutnya dilatih untuk menelan makanan dengan benar.

Mengapa anak yang sulit makan harus ditangani sesegera mungkin? karena anak yang susah makan dipastikan perkembangannya akan terganggu, tidak hanya secara fisik namun juga mental. Mulai dari berat dan tinggi badan kurang, mudah lelah, gampang menangis hingga kemampuan bicara dan membacanya juga lambat.

Hal senada juga disampaikan dr.Wieni Purbosari, Medical Affair Manager PT.Abbot Indonesia. ” Orangtua wajib melakukan hal-hal berikut ini : buat jadwal makan anak yang teratur, ajar anak untuk makan dengan benar, makan tidak lebih dari 30 menit dan tidak memaksa anak saat makan. Kebiasaan ini dapat menghindarkan anak jadi susah makan.”

Bagaimana jika asupan kalori seorang anak tidak terpenuhi karena problem makan tersebut? Orangtua disarankan memberikan suplemen nutrisi untuk pendamping makanan utama.

 

Oleh Bebby Astrika Sekarsari, ayahbunda.

 

 

 

Be Sociable, Share!

Tags: , , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN