Siasat Makan Bayi yang Alergi Karbohidrat

bayi alergi

Bayi yang usianya sekitar 10 bulan, bisa saja alergi terhadap karbohidrat seperti beras dan tepung gandum. Jika terlanjur diberikan, akan muncul ruam merah di pipi. Bagaimana mengatasinya?

Jika hal ini terjadi pada anak Anda, cermati apakah berat badannya ideal. Menurut rumus, berat normal = (n+9) : 2, dimana n = usia bulan. Jika berat badannya kurang dari itu, Anda perlu mengupayakan menaikkan berat badannya.

Alergi beras berarti semua produk dari beras tidak bisa diberikan, seperti bihun dan aneka kue basah dan kue yang dibuat dari campuran tepung beras. Alergi terhadap gandum berarti dia tidak bisa diberi aneka roti, mie, pasta dan kue-kue, baik kue kering atau pastry, yang dibuat dari tepung terigu atau  campuran tepung terigu.

Tapi Anda tak perlu khawatir, karena sumber karbohidrat pangan kita masih ada yang lain, seperti kentang, jagung, sukun, singkong, ubi, dan talas. Malah beberapa diantaranya telah dijadikan tepung dan mie. Coba berikan kentang yang divariasikan dengan sumber karbohidrat lain. Pada usia ini, bayi bisa juga diberi makanan selingan yang bukan berupa bubur, seperti puding maizena tanpa susu, kue hunkwe, dan kue talam jagung.

Nilai kalori dari semua sumber karbohidrat hampir sama. Yang berbeda-beda adalah kandungan proteinnya. Misalnya, kandungan protein beras lebih tinggi daripada kentang dan umbi-umbian lainnya. Solusinya adalah bagaimana menyusun komposisi dalam makanannya agar bergizi seimbang. Sangat baik Anda masih memberikan ASI.

Berikut pola makan untuk bayi yang alergi karbohidrat

  • ASI diberikan tidak terbatas.
  • Tim dibuat dari kentang atau jagung, berikan sehari 3 kali (pagi, siang, sore).
  • Bubur susu diambil dari susu kedelai yang telah diformulasikan sesuai usia bayidengan campuran dari tepung maizena atau hunkwe, dan lainnya. Jika tidak bisa mengonsumsi susu kedelai, berikan bubur tanpa susu kedelai.
  • Buah diberikan sehari sekali.
  • Jika alergi dengan putih telur, berikan kuningnya saja yang dimasukkan ke dalam buburnya.

Jika anak Anda memang alergi karbohidrat, yuk kita ikuti pola makan di atas untuk bayi Anda.

Sumber : www.ayahbunda.co.id

Be Sociable, Share!

Tags: , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN