Peralatan MPASI

Sebenarnya masak untuk si kecil gak beda kok sama masak buat orang dewasa, justru lebih gampang. Kenapa lebih gampang? Karena gak perlu ribet dengan bumbu dapur yang takarannya kudu pas di lidah.

Yang sedikit membedakan ya cuma makanan MPASI si kecil ini kudu disaring atau dihaluskan, itu aja. Sama porsinya kuecil….sedangkan alat masak yang udah ada di dapur ukurannya sedang sampai besar, jadi kalo masak MPASI pake panci besar yang ada cuman jadi pengotor pantat panci ya…

Untuk menghaluskan MPASI, lebih dianjurkan menggunakan saringan kawat dibanding blender. Selain kalau memakai blender gak seimbang antara kapasitas blender dan jumlah makanan yang harus disaring, disarankan juga untuk memisahkan blender yang dipakai untuk menghaluskan MPASI dan untuk keperluan lain. Mahal di investasi bo… secara MPASI ini paling cuma 6 bulan lamanya.

Selain itu dari pengalaman yang teramati, bayi-bayi yang terbiasa makan makanan yang diblender menjadi lebih sulit dikenalkan dengan makanan yang bertekstur kasar saat usia mereka makin besar.

Dari anjuran para sesepuh, saringan kawat lebih disarankan dan ukurannya pun sesuai dengan besarnya porsi yang harus disiapkan untuk si kecil. Saringan kawat di sini tentunya juga bukan sembarang saringan kawat. Yang harus diperhatikan adalah kualitas kawatnya, tentunya pilih yang tidak gampang berkarat dan gak gampang jebol karena saat menghaluskan makanan si kecil makanan perlu di tekan-tekan untuk memaksimalkan penyaringan.

Alat selanjutnya yang juga penting adalah grater/parutan yang yang bisa dipakai untuk memarut buah dan sayuran baik mentah ataupun matang sebelum disaring menggunakan saringan kawat. Selain itu saat sudah bisa dikenalkan dengan keju, grater ini juga bisa dipakai untuk memarut keju.

Air perasan jeruk adalah penyedap pertama yang bisa dikenalkan dan digunakan di berbagai menu MPASI. Tentunya pemeras jeruk jadi senjata andalan juga untuk menyiapkan MPASI, dan termasuk peralatan dengan frekuensi pemakaian tinggi.

Beberapa merek penyedia peralatan makan bayi sudah menyediakan alat untuk menyiapkan MPASI tersebut, istilah kerennya baby food maker. Gak perlu ke mal atau supermarket mahal buat belinya, karena baby shop juga udah banyak yang menjualnya dan harganya pasti lebih murah dibanding kalo beli di mal atau supermarket.

Baby food maker ini bisa dijadikan pilihan utama sebagai perlengkapan wajib MPASI, gak terlalu mahal dibanding kalu investasi blender misalnya, bahkan untuk hand blender sekalipun. Selain itu, perlengkapan lain yang bisa dibeli kalau belum punya, panci kecil dengan satu pegangan panjang, ini bakal terpakai terus di semua tahapan MPASI sampai si kecil siap makan dengan menu yang sama untuk anggota keluarga yang lain.

Terakhir yang gak kalah penting, adalah baby cube, sejenis ice cube yang ada penutupnya dan tentunya materialnya dijamin food grade jadi aman buat bayi. Kegunaannya banyak banget. Bisa untuk membagi stok makanan seperti puree buah dan sayur sekaligus membekukannya, sehingga pas mau dipakai tinggal ambil sesuai kebutuhan, dan kita terhindar dari mengubek-ubek ulang stok makanan bayi saat mau ambil sesuai porsi. Selain itu bisa dipakai untuk membekukan stok air kaldu. Bisa hemat waktu kan, gak perlu bolak-balik bikin air kaldu. The must have item for working moms dan meringankan kerja buat work at home moms.

Dengan adanya peralatan di atas, menyiapkan MPASI terasa mudah dan menyenangkan, dan jauh dari kesan ribet. Kalau udah mudah dan meyenangkan begini, tentunya makin semangat kan buat nyiapin MPASI home made yang fresh, sehat, dan bebas bahan tambahan yang tidak perlu.  Gak usah melirik yang instant deh. Selamat belanja peralatan MPASI.

Be Sociable, Share!

Tags: , , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN