Menjaga Kebersihan GIGI Si Kecil

balita sikat gigi

Agar kebersihan dan kesehatan gigi si kecil selalu terjaga, gosoklah paling tidak dua kali sehari, terutama setelah makan dan sebelum tidur malam.

Usia 1-1,5 bulan

Bunda sudah bisa mulai mengajarkan gosok gigi dengan sikat gigi khusus untuk anak-anak. Atau, menggunakan sikat gigi lembut yang dapat disarungkan pada jari kita. Berikut caranya.

1. Sikat gigi si kecil tanpa menggunakan pasta gigi atau odol, untuk mencegah kemungkinan menelan terlalu banyak fluoride ( F) yang terkandung di dalam pasta gigi.

2. Sikat gigi si kecil dengan gerakan memutar.

3. Bilas dengan memberikan air putih matang yang bersih.

Untuk membiasakan gosok gigi di usia ini, awalnya berikan contoh dengan menggosok gigi kita sendiri. Kemudian, biarkan dia memegang sendiri sikat giginya dan bermain sambil meniru gerakan gosok gigi.

Usia 1,5-2 tahun

Pada usia ini, si kecil biasanya sudah mulai mampu memegang sikat gigi dan berkumur. Jadi, si kecil sudah bisa diajari gosok gigi menggunakan pasta gigi khusus untuk gigi sebesar biji jagung. Pesankan kepada si kecil untuk tidak menelan pasta gigi, walau rasanya enak, agar dia dia tidak kelebihan flour. Ajari si kecil gosok gigi sendiri :

1. Bunda dan si kecil berdiri di depan cermin. Dari belakang, pegang tangan si kecil dan arahkan sikat giginya ke gigi yang akan disikat. Ajak dia menirukan cara bunda memegang sikat serta cara anda menggerakkan sikat untuk membersihkan gigi.

2. Berilah dia kesempatan untuk belajar menyikat gigi sendiri, sekali pun belum benar caranya.

3. Setelah selesai, suruhlah dia berkumur dengan air putih matang yang bersih beberapa kali.

Usia lebih dari 2 tahun

Mulai usia 2 tahun, anda dapat mulai mengajarkan si kecil menggosok gigi dengan metode schrob. Yakni, suatu metode menggosok gigi yang mudah dan sederhana untuk balita. Caranya :

1. Gosok gigi depan bagian atas dan bawah dengan arah ke samping kanan dan kiri.

2. Kemudian, seluruh gigi bagian samping, dan seluruh gigi bagian belakang.

3. Kumurlah dengan air bersih beberapa kali.

Be Sociable, Share!

Tags: , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN