Menghadapi Bayi Dan Balita Yang Sulit Makan

anak sulit makan

Sulitnya anak makan sudah menjadi masalah yang tidak aneh lagi dikalangan orang tua.Masalah ini haruslah segera dicarikan solusinya.Susah makan dalam waktu berkepanjangan dapat menyebabkan anak kurang gizi serta terganggunya pertumbuhan dan perkembangan fisik.

Ada beberapa hal yang harus diperhatikan oleh orang tua sehubungan dengan hal tersebut:

  1. Berilah balita Anda makanan sesuai dengan tahap perkembangan makannya
  2. Ketika anak mengalami susah makan,cobalah memberi dia makan secara teratur sedikit demi sedikit,tetapi sering.Jangan pernah memaksakan anak untuk makan karena anak bisa membenci makan itu sampai dia dewasa kelak.
  3. Anak memiliki rasa ingin tahu yang tinggi.Untuk itu,cobalah libatkan dia untuk menyiapkan makanannya sendiri sekaligus mengenalkan makanan yang dimakannya
  4. Jangan lupa untuk memvariasikan jenis makanan yang diberikan.Hindari memberikan makanan yang monoton karena makanan yang bervariasi membuat anak lebih bersemangat untuk makan.
  5. Sajikanlah makanan semenarik mungkin,tidak saja dari bentuk,tetapi juga tekstur,rasa,dan warna.
  6. Gunakan piranti saji dengan bentuk dan warna yang menarik
  7. Ajaklah anak makan dengan pendekatan yang baik tanpa memaksa dengan nada suara lembut dan jelaskan arti pentingnya makan buatnya
  8. Ciptakan suasana makan yang menyenangkan.Mungkin sambil mendongeng,mendengarkan musik,atau mengajaknya makan bersama teman-temannya.
  9. Kontrol pemberian kudapan dan susu di antara jam makan.Jika berlebihan bisa membuat anak masih kenyang saat memasuki jam makan.
  10. Hindari kudapan yang rasa manis dan asin berlebihan.Hal ini membuat anak banyak minum sehingga anak menjadi kenyang sebelum mengkomsumsi makanan utamanya.
  11. Hindari pemberian air putih yang berlebihan.Air putih baik untuk memenuhi cairan tubuh,tetapi tidak mengandung nilai gizi.Jangan sampai air putih menggantikan susu yang kaya gizi.
  12. Beri kesempatan pada anak untuk memilih menu yang disukai.Gantilah jika anak tidak menyukai makanan itu dan tanyakan jenis makanan apa yang dia inginkan.
  13. Terapkan tahapan makanan yang benar sejak bayi.Mulai usia 6 bulan bayi sudah diberi bubur lembut.Di tahapan inilah orang tua bisa memperkenalkan aneka sayuran.Dengan demikian,memori anak akan mengingat rasa sayuran seiring dengan pertambahan usianya.
  14. Jika anak sudah terlanjur tidak suka sayur,kreatiflah memvariasikan hidangan yang berbahan sayuran.
  15. Usahakan ketika menyuapi anak Anda makan jangan disamping atau dibelakangnya.Posisikan diri Anda di depan anak.Duduk dan tataplah mata anak dan ajak ia berkomunikasi.Dengan posisi ini,Anda harus menyakinkan anak bahwa waktu makan telah tiba dan dia sudah siap untuk makan.
  16. Perhatikan takaran suapan yang akan Anda sodorkan ke mulut si bayi.Gunakan sendok yang berukuran kecil,kemudian suapi si bayi dengan takaran seujung sendok tersebut.
  17. Teknik menyuapi anak juga harus diperhatikan.Meletakkan sedikit makanan pada ujung sendok,kemudian masukkan ke dalam mulut si bayi sampai kira-kira menyentuh bagian tengah langit-langit mulut si bayi.Biasanya si bayi akan langsung menutup mulutnya dan menelan makanan tersebut.
  18. Jangan lupa untuk menyiapkan air putih setiap kali Anda menyuapi si bayi karena biasanya si bayi langsung ingin minum setelah makannya selesai.

Demikian beberapa tips sederhana untuk mencegah maupun menangani bayi dengan masalah susah makan atau kehilangan selera makan.

Be Sociable, Share!

Tags: , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN