Mengenalkan Makanan Padat pada Bayi

Mengenalkan makanan padat pada bayi perlu tips dan trik khusus. Perhatikan juga tanda-tanda bahwa si kecil sudah siap dengan makanan padat selain ASI atau formula yang menjadi makanan utamanya selama ini.

bayi cerdas

Waktu Yang tepat

Hal terbaik untuk mulai sekitar 6 bulan, dan tidak lebih awal dari 4 bulan. Pada usia itu, kebanyakan anak-anak kecil memiliki kontrol kepala yang baik serta keterampilan motorik yang diperlukan untuk menelan.

Mengetahui  kesiapannya

Selain dari usia bayi Anda, indikator terbaik bahwa dia siap untuk makanan padat adalah rasa tertarik. Jika ia tampak terpesona menonton Anda makan, penuh semangat melihat pada saat Anda mengambil di setiap gigitan atau mencapai ke arah Anda saat anda makan malam, dia siap untuk makanan padat.

Rencanakan menu

Pada tahap awal beri bayi Anda  dengan bubur buah, sayuran, dan sereal  yang diperkaya zat besi. Saat menyiapkannya dapat  mencampurnya dengan ASI atau susu formula sampai itu sedikit  kekentalan yang dapat diterima bayi.

Tetap menawarkan susu.

Selama beberapa bulan pertama, dua atau tiga kali per hari, tawarkan bayi Anda satu atau dua sendok makan makanan padat, diikuti dengan ASI atau susu formula. Saat bayi Anda bertambah usia, Anda bisa secara bertahap meningkatkan jumlah makanan padat yang diberikan.

Tahu kapan dia Kenyang.

Jika bayi Anda mulai untuk mengubah kepalanya menjauh dari makanan atau meludah keluar, dia sudah selesai makan.

Ulangi Tawaran.

Beberapa bayi menolak makanan padat pada awalnya. Terus menawarkan mereka setiap hari sampai bayi terbiasa dengan sumber nutrisi  baru ini.

Perhatikan kemungkinan alergi.

Telur atau gandum, tidak akan mengurangi risiko bayi Anda alergi berkembang di kemudian hari. Jangan ragu untuk menawarkan makanan ini, tapi waspada untuk gatal-gatal, pembengkakan wajah, kesulitan bernapas, muntah, atau diare, yang bisa menandakan alergi. Hubungi dokter Anda jika Anda melihat gejala-gejala tersebut.

Tinggalkan Makanan Ini Dari Rencana Makan

Hindari makanan dengan tambahan gula. Mereka tidak sehat dan bayi Anda belum pernah mencoba mereka. Hindari madu sampai usia 1 tahun dan selai kacang sampai usia 2 tahun.

Be Sociable, Share!

Tags: ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN