Mempelajari Teknik Menangis Yang di Kontrol

Ada kalanya buah hati Anda mengalami kesulitan untuk tidur. Jika semua tips yang bisa membuat anak Anda tertidur pulas dan nyaman tidak berhasil bisa jadi Anda memerlukan teknik yang lain. Sehingga masalah kurang tidur atau bahkan tidak tidur Anda dapat segera teratasi. Jika Anda tidak ingin berulangkali masuk ke kamar anak Anda hanya untuk menenangkan atau membuatnya tertidur, Anda perlu mencoba teknik menangis yang di kontrol.

kebiasaan tidur bayiTeknik ini terbukti berhasil di terapkan pada bayi berumur 6 bulan hingga balita. Lakukan teknik ini pada saat tidur di siang hari lalu kemudian terapkan ketika jam tidur malam tiba. Buatlah perbedaan mencolok ketika tidur di siang hari dengan suasana yang sangat terang, sedangkan pada malam hari dengan suasana gelap atau remang-remang. Anda memerlukan alat pengatur waktu dalam menerapkan teknik ini.

Pertama kali anak Anda menangis, masuklah ke kamarnya tenangkan dia untuk mengurangi kekhawatirannya setelah itu Anda kemudian meninggalkannya. Tunggulah selama lima menit. Dan jika dia masih menangis masuklah kembali dan ulangi rutinitas tadi. Kemudian tunggu selama 10 menit, dan kembali ke kamar jika di perlukan. Lalu kemudian tunggu 20 menit sebelum Anda merasa perlu masuk ke kamarnya untuk mengulangi nya kembali. Dengan segera, si kecil akan mampu menyamankan dirinya sendiri untuk kemudian tidur.

Ketika Anda masuk ke dalam katakanlah “ shh” letakkan saja tangan Anda pada si kecil/ menepuk-nepuk perlahan. Jangan lakukan kontak mata lalu kemudian tinggalkan dia. Jangan menggendongnya karena akan membuat dia berfikir bahwa dia akan keluar dari kamarnya. Tentunya beberapa bayi akan menangis dan merengek. Jika muntah, angkat dan bersihkan dia, lalu ulangi lagi teknik diatas dari pertama.

Jika bayi anda berada dalam satu kamar dengan Anda (bisa di dalam box nya atau di satu tempat tidur bersama Anda) lalu dia menangis, tunggulah selama 5 menit lsebelum Anda menghampirinya, katakan “shh”  dan lakukan seperti penjelasan diatas.  Tunggulah  10 menit sebelum mengulanginya, dan seterusnya. Mungkin tangisannya akan lebih kuat dibandingkan dengan mereka yang tidur terpisah, hal ini karena si kecil dapat secara langsung melihat Anda karena berada dalam ruangan yang sama.

Yang terpenting adalah Anda harus konsisten dan kuatkan mental untuk mendengar tangisan si kecil ketika Anda menerapkan teknik ini. Itu jauh lebih baik ketimbang Anda harus setiap hari kurang tidur atau bahkan tidak tidur.

Semoga bermanfaat

Sumber : Super Nanny in Baby Care – Jo Frost

Be Sociable, Share!

Tags: , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN