MANFAAT EMPENG

Bayi anda suka ngempeng? biarin aja.. namun dicermati klo kebiasaan ini berlarut-larut sampe ia berusia diatas 1 tahun.

Bayi adalah makhluk yg mendambakan ‘kenyamanan’. Kenyamanan yg dicarinya datang dari berbagai hal.  Salah satunya lewat empeng (pacifier). Umumnya, bayi suka mengempeng berkaitan dgn pemuasan fase oral. Yakni fase ketika kepuasan anak berada di mulutnya– berlangsung sampai usia 1 tahun.

Secara psikologis, kelekatan si bayi pda empeng tersebut akan memberikan rasa nikmat dan nyaman pada dirinya. Karena itu jangan heran, seringkali bayi yang rewel akan tenang saat diberi empeng. Aktivitas ini merupakan salah atu cara bayi untuk menenangkan dirinya. Selain untuk memenuhi keinginan menghisap, empeng (dot) juga dapat merangsang pertumbuhan otot rahang dan mulut bayi.

Dot yang dilengkapi perisai plastik ini berfungsi untuk mencegah bayi mengisap jari. berbeda dengan jari, umumnya anak tidak akan terus menngisap empeng sampai masa pra sekolah. itulah sebabnya, empeng dipandang ‘kurang’ menganggu perkembangan gigi anak ketimbang menghisap jari.

Hanya saja, bila diatas 1 tahun sikecil masih juga mengempeng, orang tua perlu mencermati agar kebiasaan ini tidak berlarut-larut. Bagaimanapun penggunaan empeng yang terlalu lama—apalagi bila penggunaannya tidak tepat (sebagian empeng masuk mulut)— akan berdampak kurang baik bagi pembentukn rahang dan struktur gigi si kecil.

Agar empeng aman untuk si kecil :

  • bersihkan setiap kali akan dipakai. cuci dgn air hangat dan sabun
  • ganti empeng dgn teratur. ganti bila sudah lapuk, lengket, retak atau ada lapisan karet yg mengelupas
  • sterilisasikan empeng yg baru dibeli. Masukkan empeng dlm air mendidih selama 5 menit. biarkan mendingin secara sempurna sebelum digunakan bayi.
  • jangan pernah mengikat empeng dgn tali atau benang pada tempat tidur bayi, kereta bayi atau menggantungkan dileher, karena dpt menjerat bayi.

Tips membeli empeng :

  • sesuaikan ukuran empeng dengan usia bayi
  • pilih yg perisainya kaku
  • pilih yg tdk memakai cincin, krn bisa menganggu dagu si kecil saat berbaring
  • cobalah tipe yg berbeda agar anak dpt memilih mana yg nyaman untuknya…

So… jangan cemas ya Bunda… asal kita tahu dan cermat cara memenuhi kebutuhan si kecil… 🙂

Be Sociable, Share!

Tags:

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN