Kembang Tahu Si Tipis untuk Perangsang ASI

kembang tahu

Tahu merupakan gumpalan protein dari susu kedelai yang telah dipisahkan dari air tahu dengan cara pengepresan.Sedangkan kembang tahu merupakan lapisan tipis yang terbentuk di permukaan susu kedelai saat dipanaskan.Mungkin karena mengapung-apung di permukaan susu kedelai,orang menyebutnya kembang tahu.Apa manfaatnya?

Di pasar kembang tahu dapat ditemukan sedikitnya dalam dua bentuk,lembaran dan gulungan.Kembang tahu lembaran ada yang renyah ada yang pucat,tapi ada pula yang kekuningan berjenis kering dan bisa dilipat-lipat.Yang warnanya kuning pekat biasanya kembang tahu impor dari china.Kembang tahu gulung,rasa tahunya lebih kuat dan lebih pas dimasak sup.

Secara umum kembang tahu digolongkan menjadi tiga macam: kembang tahu segar,setengah kering dan kering.Di Jepang,kembang tahu segar disebut yuba.Ciri-cirinya berwarna krem kekuning-kuningan,tekstur lembut,ringan,rasa sedikit manis dan enak.Sayangnya,tidak tahan lama hanya sekitar 2-4 hari pada suhu kamar atau 3-5 hari pada lemari es.Agar tidak berjamur,biasanya dibungkus plastik atau karton kedap udara.

Kembang tahu sebetulnya bagian dari kepala susu kedelai.Seperti susu sapi,susu kedelai kalau dipanaskan juga membentuk lapisan tipis di bagian atasnya.Membuat kembang tahu dari susu kedelai,lapisan tipis itu diambil dan dijemur.Susu yang tinggal dipanaskan lagi dan lapisannya diambil untuk dijemur .Begitu berulang hingga lapisan tak terbentuk lagi.

Sesuai jenis bahan bakunya,yaitu kedelai yang kaya protein,kandungan gizi utama kembang tahu adalah protein sekitar 48,9-52,3 gram/ 100 gram kembang tahu jenis kering.Sumbangan gizi lain cukup menonjol adalah lemak (13,8-24,1g/100g), energi(380-432 kkal/100g),serta sejumlah mineral.Kadar mineral dicerminkan oleh kadar abu yang lumayan,asam amino berupa lisin dalam kadar tinggi.

Di Jepang kembang tahu merupakan bahan makanan sangat populer yang dikomsumsi untuk merangsang keluarnya air susu ibu (ASI) .Karenanya sangat dianjurkan bagi para ibu untuk mengkomsumsi kembang tahu sebelum dan sesudah melahirkan.Kembang tahu juga umum digunakan di rumah sakit sebagai sumber protein pemulih kesehatan para pasien.Selain itu kembang tahu berkadar protein tinggi dan mudah dicerna tubuh.

Bagi penderita tekanan darah tinggi (hipertensi) dan diabetes,kembang tahu juga sangat dianjurkan.Sedangkan untuk para vegetarian kembang tahu dapat diandalkan sebagai sumber protein.Tentu diperlukan kreativitas sangat tinggi dalam pengolahan kembang tahu menjadi berbagai makanan dengan cita rasa tidak membosankan.

Be Sociable, Share!

Tags: , , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN