Jenis Asupan dan Manfaatnya bagi Balita

Agar si kecil sehat danĀ  cerdas, salah satu yang harus kita perhatikan adalah mengenai makanan yang akan dikonsumsinya. Mom…biar ga salah menyusun menu buat si kecil sebaiknya kita kenali dulu jenis-jenis asupan dan kontribusinya bagi si kecil nantinya, yuk disimak…

  • Nasi, roti, sereal, dan gandum (oat) mengandung karbohidrat yang sangat tinggi, selain itu juga terdapat serat larut, protein nabati, vitamin, dan mineral. Karbohidrat bermanfaat sebagai sumber energi bagi anak-anak untuk beraktivitas. Sumber karbohidrat lain yang juga bisa kita kenalkan adalah kentang dan umbi-umbian (ubi jalar, misalnya).
  • Ikan, daging, ayam, telur, dan kacang-kacangan merupakan sumber protein yang berperan sebagai zat pembangun. Biasanya anak yang kurang asupan protein hewani, akan terhambat proses pertumbuhan.
  • Sayur-sayuran dan buah mengandung serat yang sangat dibutuhkan dalam proses pencernaan makanan. Fungsinya membantu kerja usus, sehingga memudahkan buang air besar dan mencegah susah buang air besar pada anak.
  • Keju dan yoghurt merupakan produk turunan dari susu. Semua produk dari susu mengandung banyak kalsium yang dibutuhkan tulang dan sebagai pembentuk sel darah merah selain itu juga mengandung mineral dan protein.
  • Mentega, margarin, dan minyak merupakan sumber lemak, selain lemak bahan-bahan ini juga mengandung vitamin dan mineral. Berfungsi sebagai sumber energi yang lebih efektif (dibandingkan dengan karbohidrat dan protein) dan memberikan cita rasa enak. Contoh sumber lemak yang sangat dianjurkan untuk batita adalah unsalted butter (mentega tawar) dan minyak zaitun (olive oil) karena kandungan minyak tak jenuhnya paling tinggi. Namun perlu juga di catat, terlalu banyak mengonsumsi makanan yang diproses dengan mentega, margarin maupun minyak goreng dapat menyebabkan kegemukan pada anak. Untuk mengatasinya, kita dapat memilih sumber lemak baik/sehat atau kombinasikan gorengan dengan sayuran yang mengandung serat karena serat dapat melunturkan lemak dalam usus.

Sudah tahu kan mom…jenis asupan dan manfaatnya, selamat menyusun menu sehat bagi si kecil :).

Be Sociable, Share!

Tags: , ,

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN