Jangan Berikan Minuman Manis Jika Tak Ingin si Kecil Gemuk

baby ndut

Minuman manis seperti jus buah dan teh kemasan disukai anak-anak. Sayangnya jus buah kemasan yang dijual di pasaran mengandung banyak gula. Jika terlalu sering diminum anak-anak, bisa menyebabkan kelebihan berat badan.

Terlalu banyak mengonsumsi minuman manis bisa menyebabkan berbagai masalah kesehatan. Seperti kelebihan berat badan, kerusakan gigi, diare atau nafsu makan menurun. Namun jika ingin tetap memberikan minuman manis pada si kecil sebaiknya berikan dalam porsi kecil atau sekitar satu gelas kecil sehari.

Tapi lebih biak jika memberikan minuman yang mengandung banyak nutrisi seperti susu. Susu sangat penting diberikan pada si kecil karena mengandung kalsium yang dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Dalam sehari si kecil bisa diberi tiga gelas susu.

Untuk anak usia kurang dari 12 bulan, biasanya diberikan ASI atau susu formula bayi setiap hari. Kemudian bisa diberikan susu full cream jika usianya sudah lebih dari dua tahun. Pada usia balita dan anak-anak mereka lebih menyukai minuman karena mudah ditelan.

Selain susu bisa juga diberikan jus buah alami, yang tidak ditambahkan gula. Misalnya bisa dibuatkan jus jeruk yang mengandung banyak vitamin C yang dibutuhkan si kecil. Jenis buah lainnya yang kaya serat seperti pepaya, alpukat dan tomat.

Jika si kecil sudah bisa mengunyah dengan baik, bisa diberikan buah-buahan segar yang dipotong-potong kecil. Selain untuk memenuhi asupan serat dan vitaminnya, si kecil juga akan lebih mengenal rasa dan tekstur asli dari buah yang dimakannya.

Nah, jika kedua minuman menyehatkan ini selalu diberikan pada si kecil, tubuhnyapun akan selalu bugar dan berat badannya juga ideal. Selain minuman, imbangi juga asupannya dengan memberikan makanan bernutrisi.

Sumber : food.detik.com

Be Sociable, Share!

Tags: , , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN