Inisiasi Menyusui Dini (IMD)

asi ekslusif

Segera setelah bayi terlahir ke dunia,hal pertama apa yang harus dilakukan oleh pihak yang membantu persalinan maupun oleh ibu sendiri? Jawabannya,inisiasi menyusui dini.Lantas,apa sebenernya yang dimaksud dengan inisiasi menyusui dini? Inisiasi menyusui dini merupakan suatu prosedur langkah awal yang harus dilakukan antara ibu dan bayi. Inisiasi menyusui dini dilakukan dengan cara membiarkan kulit ibu melekat pada kulit bayi (skin to skin) segera setelah persalinan.Kontak kulit ini dibiarkan setidaknya selama satu jam atau sampai menyusui awal sekali.

Selama proses inisiasi berlangsung terdapat lima tahapan prilaku bayi sebelum akhirnya menemukan puting susu ibu dan menyusu.Kelima proses tersebut adalah sebagai berikut:

  • Dalam 30 menit pertama ,bayi akan istirahat siaga dan sekali melihat kepada ibunya.Dalam tahap ini,bayi masih menyesuaikan dengan lingkungan.
  • Pada menit ke 30-40,sesekali bayi akan mengeluarkan suara,melakukan gerakan menghisap,dan memasukkan tangan ke mulut.Bau di telapak tangannya tersebut mirip dengan bau ASI yang akan keluar.Jadi bau inilah yang akan menjadi pemandu bayi menuju puting susu.
  • Tahap selanjutnya,bayi akan mengeluarkan air liur
  • Bayi akan menggerakkan dan menekankan kakinya pada perut ibu.Hal ini dilakukan untuk membantunya bergerak ke arah payudara.Selain itu,gerakan ini sangat bermanfaat untuk membantu rahim agar tetap berkontraksi dengan baik sehingga dapat mengurangi pendarahan.
  • Pada proses terakhir bayi menjilat-jilat kulit ibu (proses pengambilan bakteri dari kulit ibu yang nanti masuk ke saluran pencernaan dan menjadi bakteri Lactobacillus), menyentuh puting susu dengan tangannya,menghentakkan kepala ke dada ibu,serta menoleh ke kanan dan ke kiri berusaha untuk menemukan puting.

Dalam beberapa menit pertama setelah proses melahirkan,biarkan ibu dan bayi berinteraksi.Ajari ibu  untuk mendekap bayi agar bayi merasakan kehangatan tubuh ibu dan menjaga agar tidak terjadi hipotermin pada bayi.Selain itu,ibu mengelus halus punggung bayi dan mengajaknya berbicara.Inisiasi menyusu dini tidak memaksakan Anda untuk meletakkan mulut bayi ke payudara ataupun hanya sekedar mendekatkan.

 

Be Sociable, Share!

Tags: , , , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN