Ini Penyebab Bau Tak Sedap Pada Mulut Bayi

 bau mulut bayi

Bau mulut tak sedap juga bisa menyerang bayi meski mereka belum tumbuh gigi

Pencentus bau tak sedap pada mulut adalah menumpuknya sisa makanan yang tidak ikut tersapu ketika menyikat gigi atau membersihkan mulut. Sisa makakan itu lalu embusuk dan menebar aroma tak sedap, atau bahkan membuat gigi rusak. Pada bayi belum tumbuh gigi bagaimana ini bisa terjadi?

Dokter spesialis gigi, Ratu Mirah Afifah GCClindent., MDSc, mengatakan, bau mulut pada bayi juga disebabkan sisa-sisa susu yang tertinggal lalu menumpuk pada rongga mulut bayi hingga akhirnya menebarkan bau tak sedap.

“Bau mulut pada bayi sebenarnya lebih karena bau susu yang mengalami fermentasi. Sisa-sisa susu yang diminum bayi tertinggal dalam mulut bayi yang mungkin menyebabkan bau tak sedap itu,” terangnya usai diskusi Ajak Orang Tua Perhatikan Perawatan Gigi Susu Anak di Jakarta, Senin (2/9).

Diskusi sekaligus konferensi pers digelar menyambut Bulan Kesehatan Gigi Nasional (BKGN) 2013 pada 12 September mendatang yang dilakukan Pepsodent bersama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) dan Asosiasi Fakultas Kedokteran Gigi Indonesia (AFDOKGI).

Dokter Mirah melanjutkan, bayi yang belum tumbuh gigi bukan berarti rongga mulutnya tidak mampu menumpuk sisa makanan. Lidah dan gusi serta bantalan tempat gigi tumbuh menjadi tempat strategis bagi sisa-sisa susu tertinggal dan menjadi busuk.

Jika dibiarkan terlalu lama mengendap ini tidak hanya akan menimbulkan bau tak sedap pada mulut bayi, namun juga bisa menyebabkan gangguan kesehatan mulut.

Karenanya menurut dokter Mirah, penting bagi para ibu tetap memperhatikan kebersihan dan kesehatan rongga mulut meski bayi belum memiliki gigi termasuk gigi susu.

“Ini mengapa tetap penting membersihkan mulut bayi seperti pada lidah dan gusi karena ini menjadi tempat menumpuknya sisa makanan seperti sisa susu pada mulut bayi,” ujar dokter yang merupakan Profesional Relationship Manager Oral Care, PT Unilever Indonesia

 

Sumber : Inilah.com

Be Sociable, Share!

Tags: , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN