HATI-HATI SEMBELIT PADA ANAK!

sembelit pd anak

Sembelit atau konstipasi merupakan salah satu gangguan pencernaan yaitu terjadinya pengerasan feces sehingga tinja sulit dikeluarkan, hal ini menyebabkan rasa sakit dan tidak nyaman. Sembelit dapat dialami siapa saja dari segala usia mulai dari bayi yang mulai mengenal MPASI, balita sampai orangtua. Normalnya buang air besar (BAB) dilakukan setiap hari, jika sampai 3 hari atau lebih baru bisa BAB kemungkinan terjadi sembelit. Tetapi sebagian kecil ada juga yang mengalami sembelit sejak lahir, yang disebabkan karena penyakit bawaan.

Gejala sembelit pada anak antara lain, perut terasa penuh atau sebah, sering buang angin disertai bau menyengat atau bisa sebaliknya tidak bisa buang angin sama sekali sehingga perut terasa keras dan saat mengeluarkan tinja harus mengejan karena sulit dikeluarkan dan ini mengakibatkan sakit pada bagian dubur dan otot perut. Anak yang mengalami ini seringkali rewel bahkan menangis ketika hendak BAB.

Adapun penyebab sembelit pada anak antara lain disebabkan pola makan yang kurang serat, kurangnya aktifitas si anak (misal terlalu banyak duduk bermain game di gadget), asupan cairan minimal 8 gelas per hari kurang terpenuhi, konsumsi obat tertentu, peralihan dari ASI ke makanan padat, atau karena sering menahan BAB.

Hal-hal yang harus dilakukan untuk mencegah sembelit pada anak antara lain:

1. Ikutilah pola makan yang seimbang, kaya serat dan cairan. Cukupi kebutuhan buah dan sayur (terutama buah yang dikonsumsi beserta kulitnya dan sayuran berkuah). Adapun makanan kaya serat seperti agar-agar atau rumput laut, serealia (havermut, biji jagung, gandum).

2. Kurangi pemberian makanan yang kandungan lemak dan gulanya tinggi namun rendah serat, seperti junk food, soft drink.

3. Lakukan olahraga sederhana berupa permainan yang menggunakan aktivitas fisik secara rutin dan menyenangkan, sehingga anak lebih tertarik pada permainan ini daripada permainan pasif (bermain game di gadget).

4. Jangan menunda BAB jika sudah merasa ingin BAB, apalagi jika anak masih menggunakan diapers. Ajak anak ke kamar mandi jika perut mulai terasa sakit.

5. Jika sedang mengalami sembelit, hindari makanan yang mengandung kalsium dan zat besi terlalu tinggi karena dapat mengakibatkan tinja semakin mengeras.

6. Jika anak selain mengalami sembelit juga disertai gejala muntah-muntah, sakit perut dan perut membuncit, segeralah di bawa ke dokter untuk memastikan tidak terjadi penyumbatan usus yang dapat membahayakan jiwa anak jika tidak segera ditangani.

Mudah-mudahan tips ini bermanfaat ya. Jadi jangan anggap sepele, jika anak sering mengalami sembelit. Karena, bisa jadi itu pertanda awal terjadinya penyumbatan di usus atau akan mengakibatkan luka di dubur atau gejala wasir, segeralah bawa ke dokter untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Be Sociable, Share!

Tags: , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN