Game di HP dan Tablet Juga Bisa Bikin Anak Kreatif

main game

Kemajuan teknologi di masa kini membuat orang tua cenderung membanding-bandingkan pengalamannya di masa kecil. Zaman dahulu begini-begitu, dan intinya anak sekarang terlalu tergantung gadget. Apakah gadget selalu buruk?

Psikolog dari RS Pondok Indah, Roslina Verauli, MPsi menulai gadget sebenarnya termasuk sesuatu yang bisa mengembangkan kreativitas anak. Tentunya dengan pemakaian yang tepat dan dengan takaran yang tidak berlebihan, gadget justru banyak memberikan kemudahan.

“Bukan mainannya yang penting tapi bagaimana cara anak memainkan permainan itu supaya dia bisa mengasah kreativitasnya,” kata Vera, demikian psikolog yang juga dosen di Universitas Mercubuana ini disapa, seperti ditulis pada Rabu (20/11/2013).

Keunggulan gadget ada di pilihan perangkat lunak yang tidak terbatas. Ada banyak program permainan yang bisa dipilih, yang didesain untuk anak sesuai dengan tahapan perkembangannya. Apapun permainan yang dipilih, yang terpenting adalah bagaimana si anak menyelesaikannya.

Memperkenalkan gadget sejak dini pun tidak haram dilakukan, selama disertai dengan pendampingan yang tepat. Justru dengan mengenal gadget lebih awal, anak bisa menjelajah segala sesuatu dengan lebih mandiri. Waktu yang tepat untuk mengenalkannya adalah di usia 2-3 tahun.

Yang terpenting menurut Vera adalah bagaimana menjaga anak agar tidak mengalami ketergantungan terhadap teknologi. Perlunya pendampingan orang tua antara lain adalah untuk mencegah anak terlalu fokus dengan permainan digitalnya, sehingga lupa dengan kehidupan sosialnya.

“Beri dia aktivitas lain seperti permainan indoor atau outdoor dan juga permaiann yang bisa membuat dia besosialisasi dengan orang lain,” terang Vera.

Anak yang terlanjur mengalami ketergantungan bisa menjadi rewel bila dijauhkan dengan gadget. Untuk mengatasinya, alihkan saja perhatian anak dari gadget dengan cara mengajaknya keluar dan melakukan permainan yang memaksanya bersosialisasi dengan orang lain.

Detik.com

Be Sociable, Share!

Tags: , , , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN