Donor ASI

Donor ASI? Mungkin Anda akan mengernyitkan dahi mendengar istilah ini karena selama ini Anda lebih familiar dengan istilah donor darah. Donor ASI tidak jauh beda dengan donor darah cuma yang membedakannya adalah apa yang di donorkan. Donor ASI dapat menyelamatkan bayi-bayi kurang beruntung yang tidak bisa mendapatkan hak mereka akan ASI.

Kriteria apa yang harus dipenuhi baik oleh si pendonor maupun bayi penerima donor?

1. Untuk bayi penerima donor

– Bayi yang tidak bisa mendapat ASI langsung dari ibunya. Hal ini mungkin saja terjadi misalnya sang ibu meninggal, atau bayi yang ditinggalkan di panti asuhan, dan yang merawat ingin agar bayi ini tetap mendapatkan ASI.

– Kondisi khusus seperti kelainan anatomi – sangat jarang terjadi – sehingga kelenjar hormon dan payudaranya tidak berkembang sebagaimana harusnya.

– ASI nya tidak bisa keluar atau tidak bisa memenuhi kebutuhan. Hal ini disebabkan karena sang ibu tidak memiliki pengetahuan dan dukungan yang cukup.

2. Kriteria Pendonor

– ASI-nya cukup untuk bayinya sendiri bahkan berlebih. Karena yang paling penting adalah dia harus bisa memenuhi kebutuhan bayinya sendiri.

– Mempunyai pengetahuan cukup, artinya dia tahu bagaimana proses ASI itu bisa diproduksi dan mendapat dukungan .

– Pendonor ASI berada dalam keadaan sehat dan sedang menyusui bayi yang sehat dengan pola tumbuh kembang yang sesuai.

– Tidak sedang mengonsumsi obat-obat secara rutin kecuali pil KB (hanya hormon progestin), thyroxin, insulin, vitamin kehamilan, zat besi dan kalsium.

– Tidak merokok, menggunakan narkoba ilegal dan tidak secara rutin mengonsumsi alkohol.

– Tidak terinfeksi atau mempunyai risiko terinfeksi penyakit HIV, HTLV, Hepatitis B atau C dan Sypilis.

Tak perlu diuraikan lagi banyaknya manfaat dari ASI. Bukan sekadar bicara tentang manfaatnya sebagai sumber gizi, tapi proses menyusui itu bagian dari proses yang membantu bayi bertahan untuk hidup. Ia mendapat stimulasi, perhatian, dengan belaian dan sentuhan, mendapatkan rasa nyaman, sehingga menurunkan hormon adrenalin, yang bisa membuat daya tahannya justru drop.

Be Sociable, Share!

Tags: , , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN