Cara Menyimpan ASI Perah Dalam Frezeer

menyimpan asi perah

ASI terbukti menjadi asupan nutrisi alami yang paling baik diberikan kepada bayi .Meskipun ada seorang ibu bekerja,tidak lantas menjadi kendala untuk memberikan ASI setiap hari.Kini banyak ibu bekerja yang memutuskan untuk tetap menyusui.Salah satu upaya yang bisa dilakukan adalah memerah ASI.Anda bisa memerah,lalu menyimpan ASI Perah dengan baik agar manfaatnya tidak berkurang.

Cara menyimpan ASI di lemari es adalah dengan prinsip stok yang benar,yaitu first in first out(yang pertama kali masuk,yang pertama kali keluar).Oleh karena itu pemberian label yang mencantumkan tanggal pemerahan penting dilakukan sehingga Anda mudah mengaturnya sesuai urutan tanggal pemerahan.

Berikut ini merupakan cara-cara menyimpan ASIP dalam lemari es atau frezeer:

  • Bila ASI perah disimpan dalam botol kaca,hendaknya botol jangan diisi penuh.
  • Pastikan botol yang akan digunakan telah dibersihkan atau diseterilkan.
  • Simpan ASI perah ke dalam botol steril tersebut dan tutuplah dengan rapat.Pastikan bahwa botol telah tertutup dengan benar,tidak ada celah yang terbuka.
  • Jangan lupa menempelkan label jam dan tanggal ASI perah
  • Sebaiknya,pisahkan ASI dengan bahan makanan lain yang tersimpan dalam lemari es.Beruntung jika Anda mempunyai lemari es khusus untuk menyimpan ASI.
  • Bila ASI keluar dalam jumlah banyak,simpan sebagian di frezeer (untuk stok jangka panjang) dan sebagian lagi di lemari es bagian bawah (untuk pemakaian jangka pendek)
  • Letakkan ASI di bagian dalam frezeer atau lemari es,bukan di bagian pintu.Bagian ini berpeluang mengalami perubahan dan variasi suhu udara.
  • ASI beku yang tersimpan difrezeer dan akan diberikan kepada bayi,sehari sebelumnya hendaknya diturunkan ke lemari es bagian bawah.Hal ini dilakukan agar pelelehan ASI perah beku berjalan perlahan.
  • Jika ASI perah belum benar-benar meleleh sempurna,masukkan botol ASI ke dalam mangkuk yang berisi air hangat.
Be Sociable, Share!

Tags: , , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN