Cara Mengatasi Puting Yang Luka Atau Lecet

ibu menyusui

Hallo bunda..apa kabar bunda hari ini?

Bunda pernah nggak sih mengalami lecet atau luka pada puting saat menyusui? Biasanya ini terjadi kepada para IBA atau Ibu Baru. Penyebabnya karena sang bayi menghisap terlalu kuat dan puting bunda mengenai gusi bayi. Jangan salah bunda meskipun bayi belum mempunyai gigi tapi gusinya digunakan untuk menggigit rasanya sakit juga.

Penyebab yang lainnya karena puting susu bunda belum terbiasa dengan hisapan bayi yang sangat kencang sehingga puting susu bunda menjadi lecet atau luka. Hal ini pernah saya alami dan itu benar-benar sakit hingga saya tidak berani memberikan ASI pada anak saya. Tapi saat itu hanya payudara sebelah kanan saja yang lecet dan yang sebelah kiri tidak. Alhasil bunda tau dong payudara yang sebelah kanan jadi sakit dan lebih besar dari yang kiri. Hal itu juga menyebabkan saya sampai jatuh sakit.

Disini saya ingin share cara mengatasinya.

1. Oleskan mentega pada puting bunda secukupnya. Hal ini bertujuan untuk mengurangi rasa sakit pada puting bunda yang lecet atau luka pada saat bunda menyususi bayi. Hal ini saya lakukan karena disarankan oleh ibu mertua saya meskipun akhirnya saya juga tetap tidak kuat menahan rasa sakitnya.

2. Oleskan obat bibir yang khusus untuk bayi yang biasanya berwarna biru tua atau ungu pada puting bunda dan bibir bayi, saya dan ibu saya biasanya menyebutnya dengan obat biru. Obat biru bisa didapatkan di apotek tapi saya tidak tahu apakah masih beredar atau tidak. Obat ini saya dapatkan dari ibu saya yang kebetulan pada saat itu datang mengunjungi saya di rumah mertua saya. Setelah pemakaian yang teratur meskipun diawal-awal tetap sakit tapi akhirnya bisa sembuh juga. Obat biru ini tidak membahayakan meskipun tertelan oleh bayi jadi bunda tidak perlu khawatir.

3. Tetap memberikan ASI pada bayi meskipun puting bunda lecet atau luka. Pengalaman dari beberapa teman saya, mereka tetap memberikan ASI kepada bayi mereka meskipun puting mereka lecet. Resikonya jelas harus menahan sakit yang bunda rasakan. Tapi demi anak pasti bunda tetap mau dong memberikan ASI kepada bayi secara eksklusif meskipun puting bunda sakit. Efek dari tetap memberikan ASI meskipun puting luka atau lecet adalah lecet atau luka tersebut sembuh. Jadi meskipun gusi dan lidah bayi yang kasar dapat membuat puting bunda lecet tetapi kalau tetap diberikan lama kelamaan lecet atau luka tersebut akan sembuh sendiri.

 

Nah bunda mungkin segitu dulu ya info yang bisa saya berikan. Saya ingatkan kemampuan orang menahan rasa sakit itu berbeda-beda jadi pilihlah cara yang sesuai dengan kekuatan bunda dalam menahan rasa sakit.

Semoga bermanfaat ya bunda 🙂

Be Sociable, Share!

Tags: , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN