Buah Memang Menyehatkan, Tapi Jangan Beri Buah-buahan Ini pada Batita

buah2an

Buah merupakan makanan yang sangat penting bagi kesehatan anak. Anak yang kekurangan vitamin maka akan berpengaruh bagi tumbuh kembang anak. Namun jangan asal-asalan memberikan semua buah pada anak-anak usia bawah tiga tahun (batita).

“Tumbuh kembang itu anak bertambah tinggi, umur, dan berat badan serta aktivitas dan fungsi kognitifnya bertambah. Nah agar tumbuh kembangnya itu baik, perlu sayur dan buah. Tapi tetap harus dilihat umurnya. Karena tetap ada buah yang tidak boleh,” ujar Dr dr Saptawati Bardosoni MSc, dokter ahli gizi dan salah satu pengajar di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia.

Hal tersebut ia sampaikan pada acara peluncuran Bebelac Complete Fruit and Vegie di Ritz Carlton, Kawasan Mega Kuningan, Jakarta Selatan, pada Kamis (26/9/2013).

Menurut Saptawati, sejak anak masih mengonsumsi makanan lunak, ada baiknya sudah mulai mengenalkan buah. Terutama pisang, dengan sebelumnya dilumatkan terlebih dahulu. Lalu dikenalkan pula buah-buahan berwarna lainnya.

“Buah-buah yang berwarna itu bagus sekali ya, banyak vitaminnya. Buah yang lain juga bagus, tapi untuk nanas sebaiknya tidak. Karena rasanya yang asam dan kalau tidak pintar mengolahnya bisa bikin gatal,” tuturnya.

Ia juga mengatakan bahwa selain nanas, buah yang sebaiknya tidak dimakan oleh anak usia batita adalah durian, nangka, dan buah dengan tekstur keras serta baunya merangsang.

“Lalu, buah-buahan yang tidak mengandung vitamin dan cuma manis saja, selain buah-buahan berwarna itu ya, lebih baik tidak usah dikasih,” tutup Saptawati.

 

Sumber : health.detik.com

Be Sociable, Share!

Tags: , , , , , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN