Bilirubin Bayi Baru Lahir

Bilirubin Bayi Baru LahirPerlu Anda ketahui. Hampir 60 % bayibaru lahir mengalamikuning atau jaundice karena kadar bilirubin dalam tubuhnya tinggi. Apa itu bilirubin?

Semasa dalam kandungan, bilirubin, yaitu senyawa hasil pemecahan sel darah merah, dikeluarkan lewat plasenta. Setelah lahir, bayiharusnya bisa mengeluarkannya sendiri. Jika tidak, bilirubin menumpuk di tubuh bayi dan mengalami hiperbilirubin.

Penumpukan bilirubin (ikterus neonatus) ditandai dengan semburat warna kuning yang tampak pada putih mata (sklera) dan kulit bayi baru lahir. Gejala lain yang tampak adalah kulit, selaput lendir (gusi dan mata) berwarna kuning, bayi kurang aktif menyusu, urin berwarna kuning tua pekat, bayi rewel, mengantuk, lemas. Bayi yang kadar bilirubinnya tinggi biasanya mengantuk terus, tidak dapat mengisap, mata berputar ke atas dan badannya melengkung.

Sebagian besar kasus hiperbilirubin sebenarnya tidak berbahaya, tapi kadar bilirubin yang sangat tinggi bisa mengakibatkan kerusakan otak.

Sumber : www.ayahbunda.co.id

Be Sociable, Share!

Tags: , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN