Baby Blues dan Depresi Pasca melahirkan

Baby BluesBaby blues dapat terjadi pada setiap wanita. Penyebabnya, perubahan hormon dan emosional setelah melahirkan ditambah dengan rasa lelah dan pengalaman baru yang bertubi-tubi. Mereka yang mengalaminya akan merasa tidak nyaman, sedih, cemas, takut, atau marah-marah. Baby blues muncul beberapa hari setelah melahirkan dan akan hilang sendirinya sesuai dengan tingkat hormon Anda. Ketika baby blues hilang, Anda akan mulai menikmati kebersamaan Anda dengan sang Bayi.

Baby blues bisa terjadi pada pasangan Anda juga, dalam bentuk yang berbeda, misalnya khawatir tidak mampu menafkahi, emosi karena harus menanggung beban yang berat, dll. Lebih parah lagi ada yang di sebut depresi pasca melahirkan. Anda akan membutuhkan bantuan tenaga Ahli untuk menyembuhkannya. Beberapa tanda seorang ibu mengalami depresi pasca melahirkan adalah :

  1. Rasa sedih, sepi dan sengsara yang berlebihan
  2. Merasa tidak cukup
  3. Menarik diri dari teman dan keluarga
  4. Tidak mampu merawat anak-anak Anda
  5. Berfikiran negatif dan ingin menyakiti bayi Anda atau diri sendiri
  6. Rasa panik dan cemas yang berlebihan
  7. Lesu
  8. Sakit di berbagai daerah seperti : Dada, perut, atau gangguan pernafasan tanpa sebab medis apapun
  9. Terlalu banyak minum alkohol atau obat-obat penenang
  10. Perilaku obsesif dan suka mengulang-ulang
  11. Memasang mimik menantang

Jika Anda mengalami satu atau lebih gejala diatas, sebaiknya segeralah konsultasikan dengan dokter Anda, tenaga Ahli/psikiater sehingga anda akan terawasi. Dukungan keluarga sangat membantu Anda untuk keluar dari masalah ini. Jangan menyalahkan diri Anda dan merasa gagal menjadi ibu atau merasa menjadi ibu yang buruk. Cobalah untuk mengambil kelas yoga, pilates, berenang atau meditasi sehingga membantu Anda untuk bersikap tenang. Sugestikan diri Anda untuk selalu berfikiran positif.

 

Sumber : Super Nanny in Baby Care – Jo Frost

Be Sociable, Share!

Tags: , , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN