Atur Waktu Tidur Bayi

bayi tidur

Hoorreee! Anda pasti senang karena bayi sudah mulai bisa tidur lebih lama. Sayangnya, ia justru tidur nyenyak di siang hari. Akibatnya? Ia benar-benar melek pada pukul 03.00. Jadwal siang dan malam yang kacau umum dialami bayi baru lahir. Ini karena bayi di dalam kandungan biasanya tidur saat Mama sedang beraktivitas dan terbangun di malam hari ketika ia sudah lahir. Ini caranya membantu bayi tidur lebih teratur:

Pagi
Tetap konsisten dengan waktu bangun tidur, meski pada akhir pekan, kata Arna Skula R.N.,clinical nurse specialist dan penulis Sweet Dreams: How to Establish and Maintain Good Sleep Habits for Your Baby. Bangunlah dari tempat tidur, buka gorden, dan bermainlah bersama bayi Anda pada waktu yang sama setiap harinya. Jika cuaca memungkinkan, ajak dia jalan-jalan ke luar rumah dengan stroller atau baby carrier. Menyalakan TV dan membiarkan anak terbiasa dengan bunyi-bunyian berbagai piranti rumah tangga akan membantunya mengetahui bahwa pagi dan siang hari adalah saatnya untuk bermain.

Siang
Perpendek waktu tidur marathon bayi dengan meletakkan boks dekat jendela, namun cahaya tidak langsung mengenainya dan matikan segala sesuatu yang bisa menimbulkan bunyi. Saat ia berumur 6 minggu, secara perlahan mulailah membangunkannya begitu tidurnya terlalu lama. Targetkan untuk membangunkannya sekitar 5 – 10 menit lebih cepat setiap hari hingga pada akhirnya maksimal menjadi 2 – 3 jam lamanya.

Malam 
“Hal terpenting adalah rutinitas akan membantu bayi mengenali bahwa inilah waktunya untuk tidur,” kata Skula. “Beri pertanda baginya dengan cara mengulangi aktivitas yang sama–seperti mandi, buku, pelukan—pada waktu yang sama dan tempat yang sama setiap malam. “Jagalah agar suasana tenang, dengan bunyi minimal, lampu diredupkan, dan gerakan pun dilakukan secara lembut,” nasehat Skula. Semakin berkurang pengaruh berbagai hal tersebut, semakin mudah bayi terlelap.

 

Sumber : www.parenting.co.id

Be Sociable, Share!

Tags: , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN