ASI dan Kesehatan Mulut

Memberi ASI kepada anak kita tidak hanya akan memberikan kekebalan tubuh terhadap berbagai peyakit, namun juga dapat membantu pertumbuhan gigi dan kesehatan mulut.

Dengan menghisap payudara, koordinasi saraf menelan, menghisap dan bernapas yang terjadi pada bayi baru lahir dapat berlangsung lebih sempurna. Pertumbuhan giginya juga akanlebih baik.

Dari segi neurologis (persarafan), bayi lebih banyak mendapat kepuasan mengisap bila menyusu ASI, karena seorang bayi dapat terus mengusap payudara yang sudah kosong, untuk mendapatkan kepuasan yang optimum. Hal ini tidak terjadi pada bayi yang mengisap botol.

Pada akhirnya, kepuasan mengisap ini dapat mendorong perkembangan mulut yang lebih baik karena puting ibu bagi mulut bayi adalah yang paling sempurna. Bahkan dot pengganti puting yang paling ilmiah sekalipun tidak dapat memberikan latihan kepada rahang, gusi dan gigi bayi seperti yang diperoleh dari puting ibu. Latihan inilah yang menjamin terjadinya perkembangan mulut yang optimum.

Fakta lain, dikarenakan pada saat menyusu ASI lidah tidak harus menjulur ke depan seperti jika menyusu dengan botol, maka bayi yang menyusu ASI jarang mendapatkan masalah gigi dibandingkan bayi yang minum susu menggunakan botol.

Be Sociable, Share!

Tags: , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN