Anak Kerap Menangis, Cengeng?

cengeng

Pernahkah Anda mengatakan Cengeng pada anak Anda yang suka sekali menangis?

Anak kita kerap kali menangis sebagai bentuk ekspresi secara emosional atas suatu hal yang membuatnya tidak nyaman. Akan tetapi, banyak menangis pun tidak baik bagi perkembangan mentalnya. Bagaimana cara menyiasatinya?

  1. Segera respon tangisan anak Anda agar si Anak tidak merasa terabaikan atau tidak diperhatikan. Beri dorongan pada anak agar menjadi anak yang kuat dan percaya diri dengan penuh kasih sayang.
  2. Jangan memojokkan anak. Hindari kata-kata “Diam!” atau “Jangan menangis!” karena kata-kata tersebut akan membuat anak anda semakin tertekan. Sebaiknya, alihkan perhatian anak Anda dan atasi apa penyebabnya. Rasa nyaman dari orang tua dapat meredakan emosinya bukan justru menimbulkan emosi baru yang tidak pelu hadir.
  3. Jangan memanjakan. Respon berlebihan terhadap tangisan anak terkadang justru digunakan sebagai senjata yang ampuh oleh si anak untuk mendapatkan perhatian orang tuanya. bila perlu, diamkan anak Anda sementara sekalipun ia menangis, lama kelamaan tangisannya akan berhenti dengan sendirinya.
  4. Bandingkan dengan teman sebayanya. Biasanya, Anak akan merasa malu bila dibandingkan dengan teman sebayanya. Anda bisa menggunakan rasa malu si Anak untuk mengatasi kebiasaan dia menangis. Misalnya “Temanmu si A jarang menangis lho, padahal si A kan masih kecil”. Pandai-pandailah membandingkan anak Anda, jangan sampai justru dia berubah menjadi anak yang minder karena sering dibandingkan dengan orang lain
  5. Bentuk pribadinya. Mengubah kebiasaan anak yang suka menangis memang bukan perkara yang mudah. Peran orang tua-lah yang sangat berpengaruh terhadap pembentukan pribadinya. Beri pengertian tentang cara lain yang bisa digunakan untuk mengungkapkan atau mengatasi rasa tidak nyaman yang dia rasakan tanpa harus menangis.

 

Sumber : Dari berbagai sumber

Be Sociable, Share!

Tags: , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN