AGAR TERHINDAR DARI BABYBLUES

Bagaimana kita sebagai orang tua agar terhindar dari Baby Blues

AGAR TERHINDAR DARI BABYBLUES1. Rawatlah diri Anda sendiri

Merawat diri berarti membiarkan Anda rileks. Makan makanan enak, lingkungan yang nyaman, menikmati merasa nyaman, dapat tidur siang beberapa jam, dll. Jika Anda ingin memberikan cinta, kasih, asuh yang luar biasa kepada orang lain terutama bayi Anda, Anda juga harus memberikan hal yang sama kepada diri Anda sendiri. Hindari bersikap terlalu protektif terhadap bayi Anda seolah-olah Anda merasa siap mati demi sang bayi. Tanamkan sugesti ‘Aku akan hidup untuk dirimu’ dari pada ‘Aku bersedia mati untukmu’

2. Atasi Tangisan Bayi Anda

Ketika bayi Anda menangis, banyak para ibu yang kemudian panik dan bingung untuk menenangkannya. Anda bahkan mungkin merasa sebal atau marah pada bayi Anda ketika Anda sudah mencoba banyak hal untuk membuat Bayi Anda diam. Jangan sampai Anda mengambil tindakan yang salah seperti mengguncang-guncang bayi anda, memukul, bahkan menutup mulut bayi Anda agar segera diam. Jika demikian, Berikan kesempatan pada diri Anda untuk tenang.

Taruhlah dengan lembut bayi Anda di tempat tidurnya. Keluarlah dari tempat bayi Anda tidur, tata kembali emosi Anda, atur nafas Anda dengan mengambil nafas panjang lalu hembuskan perlahan beberapa kali. Lalu kembalilah kepada bayi Anda, gendong dia dengan tenang. Pastikan Anda kembali agar Bayi Anda tidak salah mengartikan bahwa Anda pergi dan tidak peduli kepadanya.

3. Memastikan Bantuan

Merawat bayi baru lahir bukanlah hal yang mudah. Anda akan membutuhkan bantuan orang lain ketika merawatnya. Bukan saatnya Anda menjadi wanita super pada kondisi demikian, mintalah bantuan suami Anda untuk membantu  atau mungkin pembantu Anda. Libatkan Ayah sang bayi dalam proses merawat bayi misalnya mengganti popok, selain untuk menciptakan ‘bounding’ antara Ayah dan anak tetapi juga karena merawat anak adalah kewajiban Anda dan pasangan Anda.

4. Menangani Anak yang lebih tua

Sebanyak apapun waktu yang Anda habiskan untuk bayi Anda, hendaknya tetap membagi waktu bersama anak Anda yang lain. Karena jika tidak, dia akan merasa orang tuanya sudah melupakannya. Kenalkan adik baru mereka secara perlahan, bersikaplah sensitif terhadap mereka berdua. Ajarkan cara yang benar untuk menunjukan rasa sayang atau perhatian sang kakak kepada adiknya dengan lembut, tegas  dan tidak marah. Libatkan mereka dalam proses merawat adik barunya seperti meminta bantuan untuk mengambil popok, tidak loncat-loncat di dekatnya, dll. Lakukan dengan kata-kata mengajak bukan memarahi.

5. Ciptakan lingkungan senyaman mungkin untuk Anda, terapkan aturan tegas dan bersikaplah bijak dalam segala sesuatu. Rencanakan pola asuh yang sesuai bersama pasangan Anda.

Sumber : Super Nanny in Baby Care – Jo Frost

sumber gambar : http://wolipop.detik.com

Be Sociable, Share!

Tags: , , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN