9 Alasan Kenapa anak anda berbohong

9 Alasan Kenapa anak anda berbohong9 macam latar belakang kenapa anak berbohong, orangtua wajib mengetahuinya dan memahami kondisi ini :

1. Anak berbohong karena ia takut kalau berkata jujur akan dimarahi atau mendapatkan hukuman.

2. Ingin diperhatikan dan dipuji. Kebutuhan akan perhatian dan pujian kerap kali membuat anak mengarang cerita tentang dirinya, padahal hal tersebut tidak pernah terjadi. Misalnya, anak mengatakan kepada teman-temannya bahwa dirinya berhasil menjuarai suatu lomba, baru dibelikan mainan baru yang mahal, atau akan diajak jalan-jalan ke luar negeri.

3. Keinginan mendapatkan pengakuan. Jika anak bergaul dengan teman-teman yang suka berbohong, ia pun akan bertingkah laku yang sama dengan teman-temannya. Sebab, hanya dengan menunjukkan perilaku yang sama anak merasa dapat diterima oleh kelompoknya.

4. Anak berbohong karena tuntutan orangtua yang terlalu tinggi, sedangkan anak merasa tidak mampu memenuhi tuntutan tersebut. Anak pun berbohong untuk membahagiakan dan mendapatkan penerimaan dari orangtua.

5. Meniru orangtua, tayangan televisi, atau bacaan yang dibacanya. Ketika anak melihat orangtuanya berbohong atau mengetahui orang-orang yang berbohong dari televisi atau bacaan yang dibacanya, anak akan menganggap bahwa berbohong itu boleh dilakukan.

6. Menutupi kekurangan yang ada pada dirinya. Anak yang merasa memiliki kekurangan tertentu biasanya akan berusaha menutupi kekurangan tersebut dengan berbagai cara, salah satunya adalah dengan berbicara bohong yang melebih-lebihkan dirinya, yang berkebalikan dengan kekurangan yang dimilikinya.

7. Daya imajinasi atau daya khayal anak yang sangat tinggi kadang membuat anak tidak mampu membedakan antara khayalan dan kenyataan. Ia pun kemudian mengatakan hal-hal yang sebenarnya hanya khayalan belaka. Misalnya, anak mengatakan bahwa dirinya bisa melihat hantu atau dapat melakukan berbagai pekerjaan.

8. Anak berbohong untuk mendapatkan sesuatu yang diinginkannya. Anak mengetahui bahwa dia tidak akan dapat memperoleh apa yang diinginkannya jika bersikap jujur. Oleh karena itu, anak berbohong demi mendapatkan apa yang diinginkannya.

9. Melindungi teman. Keberadaan teman begitu penting buat anak. Umumnya anak-anak akan selalu berusaha untuk menyenangkan, membantu, atau melindungi temannya. Salah satu cara yang dilakukannya adalah dengan berbohong.

Be Sociable, Share!

Tags: , , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN