7 Tips Pulih Lebih Cepat Setelah Operasi Caesar

Melahirkan adalah hal terindah bagi setiap wanita. Proses melahirkan secara normal merupakan dambaan setiap calon ibu. Akan tetapi, beberapa ibu terpaksa melahirkan melalui proses operasi Caesar. Biasaya disebabkan oleh alasan medis tertentu.

kiat sukses menyusui

Tentunya pemulihan bagi ibu yang melahirkan secara Caesar membutuhkan waktu lebih lama dibandingkan dengan ibu yang melahirkan secara normal.

Berikut 7 tips yang dapat membantu Ibu agar pulih lebih cepat :

  1. Jagalah luka operasi Anda agar tetap bersih dan kering serta cukup udara. Hal ini untuk menghindari infeksi akibat salah perawatan atau karena terlalu lembab. Tanyakan pada petugas medis Anda mengenai cata perawatan yang benar.
  2. Pastikan Anda memiliki sebanyak mungkin waktu untuk berbaring di sofa selama beberapa minggu pertama. Sebisa mungkin hindari naik turun tangga.
  3. Dilarang berolahraga berat, menyetir atau berhubungan intim selama enam minggu pertama. Hal ini untuk menghindari tekanan kuat pada perut bagian bawah Anda dan disekitar luka operasi.
  4. Ketika hendak bersin, batuk atau tertawa, gunakan bantal untuk menekan luka Anda untuk mengurangi sakitnya. Otot perut bagian bawah belum sepenuhnya berfungsi baik dan juga luka operasi yang masih baru dapat menimbulkan rasa sakit ketika Anda berada di situasi tersebut.
  5. Dilarang mengangkat benda-benda berat hingga lukanya sembuh. Konsultasikan dengan dokter Anda mengenai hal ini.
  6. Beraktivitas ringan seperti berayun-ayun, atau berjalan-jalan dapat membantu menghilangkan sakit karena tekanan gas dalam tubuh Anda.
  7. Sering-seringlah menyusui anak Anda. Ketika menyusui usahakan dengan posisi kaki bayi Anda berada di bawah tangan Anda.

Semoga membantu. Selamat menjadi Ibu

 

Sumber : Super Nanny in Baby care

Be Sociable, Share!

Tags:

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN