6 Solusi Bila Balita Berkata Kasar

nonton tv

Balita adalah pengamat dan peniru yang sangat baik. Oleh sebab itu ibu harus berhati-hati ketika memperkenalkan suatu lingkungan pada mereka. Jika salah, anak dapat meniru kata-kata yang buruk serta sikap yang tidak terpuji.
Media yang seringkali menjadi sarana menirukan kata-kata kasar adalah televisi, teman, bahkan orang tua.

Nah, berikut ini 6 cara menghentikan kebiasaan anak-anak menggunakan kata-kata kasar seperti dikutip dari Boldsky, Jumat (10/5/2013)

  • Berhentilah Memakai Kata-kata Buruk

Terkadang akibat emosi, orang tua secara tidak sadar mengeluarkan kata-kata yang buruk dan kasar. Perhatikan, jangan pernah gunakan kata-kata yang tidak baik di depan balita Anda.

Ingatlah bahwa anak menganggap orang tuanya adalah panutan. Anak akan mengamati, mendengarkan, dan meniru semua tingkah laku Anda, untuk itu jadilah contoh yang baik untuk mereka.

  • Perhatikan Apa yang Mereka Tonton

Sajian televisi saat ini jika tidak dipilah dapat memberikan dampak yang buruk bagi anak. Oleh sebab itu, batasi tayangan-tayangan yang boleh dikonsumsi anak.

Pada usianya, balita akan mudah percaya pada apa yang mereka lihat dan dengar. Ini akan memberikan dampak yang tidak terduga pada anak dalam menggunakan kata-kata yang buruk.

  • Kenali Teman-teman Mereka

Sebagai orang tua Anda harus tahu dengan siapa anak berteman. Kenali mereka dan apa yang mereka bicarakan. Jika temannya menggunakan kata-kata yang buruk, anak tentu akan secara langsung berpikir bahwa itu adalah kata-kata yang dapat digunakan. Jadi, jangan lupa untuk mengajarkan anak mengenal apa yang baik dan buruk.

  • Mengabaikan Saat Anak Berbicara Kasar

Memberikan reaksi dan memberikan respons setiap anak mengeluarkan kata-kata yang kasar mungkin tidak efektif. Karena itu cobalah untuk mengabaikannya.

Bukan berarti Anda benar-benar mengabaikan anak ketika menggunakan kata-kata yang kasar. Tetapi amati tingkah anak apakah mereka melupakannya setelah mengucapkannya beberapa kali. Jika Anda menunjukkan reaksi yang meledak-ledak, anak justru akan menikmatinya dan mengulanginya kembali.

  • Biarkan Mereka Tahu Bahwa Itu Tidak Baik

Cobalah untuk menjelaskan pada balita Anda bahwa kata-kata yang mereka ucapkan adalah kata-kata yang tidak baik dan tidak boleh digunakan. Jelaskan pada anak bahwa penggunaan kalimat yang buruk tidak dapat diterima baik di rumah maupun di lingkungan. Biarkan mereka memahami dengan jelas bahwa berbicara dengan kata-kata yang baik akan membuat mereka menjadi anak yang baik.

  • Gunakan Kata yang Tepat

Karena bahasa merupakan sesuatu yang baru untuk balita Anda, mereka pasti akan kebingungan mengenai mana yang baik dan buruk ketika mereka mendengarnya digunakan oleh orang-orang yang berbeda. Untuk itu gunakanlah kata-kata yang tepat di rumah Anda, sehingga Anak mengerti dan tahu kata-kata yang seperti apa yang sebaiknya mereka ikuti.

Nah, cinta dan ketekunan dapat membawa hasil yang baik untuk menghentikan balita Anda menggunakan kata-kata kasar. Sedangkan kemarahan hanya akan membuat mereka bereaksi lebih buruk.

Be Sociable, Share!

Tags: , , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN