4 Perawatan Penting Bayi Baru Lahir

4 Perawatan Penting Bayi Baru LahirMenjaga kebersihan tubuh bayi adalah salah satu bentuk perhatian dan kasih sayang ibu pada buah hatinya. Berikut ini 4 perawatan tubuh yang penting pada bayi baru lahir.

1. KULIT
Bayi memiliki kulit yang sensitif. Rangsangan ringan sekalipun dapat menimbulkan kemerahan dan gatal pada kulitnya. Namun, tak perlu khawatir karena hal ini bisa ditangani. Pastinya, jaga kebersihan kulit bayi dengan memandikannya dua kali sehari, pagi dan sore. Bagaimana cara memandikannya, lihat h. 10—12.

Jika bayi mengalami biang keringat atau keringet buntet, segera atasi. Umumnya, biang keringat muncul di sekitar leher, dada, bawah lengan, dan lipatan-lipatan kulit lainnya serta di daerah popok. Penyebab kemunculannya ialah tingginya kelembapan kulit akibat tersumbatnya kelenjar keringat.

Untuk mengatasinya, bawa bayi keluar dari tempat yang panas dan lembap agar bayi tetap sejuk dan kering atau mandikan. Bila mungkin, tidurkan di kamar ber-AC. Bila si kecil mengalami biang keringat yang parah, konsultasikan ke dokter. Dokter mungkin akan memberikan resep krim atau salep untuk mengobati biang keringatnya.

2. TELINGA
Bersihkan bagian luar telinga dengan lap pembersih atau kapas bertangkai (cotton bud). Jangan masukkan cotton bud, pembersih telinga, jari atau apa pun ke dalam lubang telinga. Telinga pada dasarnya memiliki daya untuk membersihkannya sendiri, sementara usaha untuk mengeluarkan kotoran telinga justru hanya akan mendorongnya lebih masuk lagi.

3. KUKU
Memotong kuku sangat penting bagi bayi. Kuku bayi yang panjang akan berbahaya bagi dirinya. Ia akan menggores tubuhnya sendiri atau wajahnya. Cara memtotong kuku yang aman adalah saat bayi sedang tidur. Gunakan gunting atau pemotong kuku khusus dan berhati-hatilah agar jangan sampai melukai bayi.

4. TALI PUSAT
Sisa tali pusat akan menjadi hitam beberapa hari setelah lahir. Ia akan lepas sekitar 1—4 minggu setelah lahir. Kita dapat mempercepat penyembuhan dan mencegah infeksi dengan membuatnya kering dan berkontak dengan udara. Berikut caranya:

* Ketika memasang popok, lipatlah bagian depannya di bawah pusar agar urine tidak mengenai bagian tersebut dan udara dapat masuk. Lipat baju ke arah atas.
* Jangan memandikan bayi dengan berendam di ember dan jangan membasahi pusar ketika membasuh bayi dengan lap basah sampai sisa tali pusat terlepas.
* Usap sisa tali pusat dengan alkohol (pada kapas steril) agar tetap bersih dan mempercepat pengeringan.
* Bila area di sekitar pusat berwarna merah dan bernanah, segera hubungi dokter.

sumber : Nakita

Be Sociable, Share!

Tags: , , , , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN