4 Langkah Mengasah Kreativitas Anak

anak kreatif

Orang tua yang memiliki anak pasti tahu benar, betapa mengurus anak adalah hal yang susah-susah-gampang. Betapa tidak, jika salah langkah mengurus anak sejak kecil, taruhannya adalah masa depan anak itu sendiri.

Nah, salah satu hal yang perlu diperhatikan saat mendidik anak adalah terkait mengasah kreativitasnya. Mengembangkan kreativitas bisa dilakukan dengan banyak cara, antara lain melalui mainan anak.

Namun dalam mendidik dan mengasuh anak agar kreativitas terus diasah, mau tidak mau harus memperhatikan langkah-langkahnya. Menurut Tika Bisono MPsiT.,Psi., seorang psikolog dan dosen Universitas Mercubuana, ada 4 langkah untuk mengasah kreativitas anakm yaitu :

  1. Capturing. Artinya jangan lewatkan satupun ide atau gagasan yang dilontarkan anak. Setiap anak menyampaikan idenya, kita tanya apa, kalau memang tidak sesuai bisa dibelokkan sedikit-sedikit, tapi jangan diproses,” sebut Tika saat berbincang dengan detikHealth dan ditulis pada Rabu (20/11/2013).
  2. Surrounding. Langkah ini menuntut Anda untuk membiarkan anak memperluas pergaulannya. Tujuannya tak lain adalah agar anak dapat berinteraksi dengan teman seusianya. Perlahan-lahan, anak akan dapat menciptakan ide-ide kreatif berdasarkan pengalamnnya saat berinteraksi dengan lingkungan sekitar.
  3. Challenging. Di tahap ini, sebagai orang tua Anda diminta untuk menantang anak menyelesaikan masalah. Masalah yang sederhana saja, misalnya menyelesaikan suatu permainan bersama dengan orang tuanya. Rangsang dan tuntun ia berpikir, jangan biarkan anak kesulitan sendiri.
  4. Broadening, yaitu mempelajari hal-hal baru,” pungkas Tika.

Detik.com

Be Sociable, Share!

Tags: , , , ,

Comments are closed.

Belajar berbisnis bersama d'BC Network!
Jaringan independent consultant Oriflame yang sudah terbukti menghasilkan puluhan jutawan dari bisnis MLM secara offline dan online!

Isi Formulir di Bawah Ini Sekarang Juga!

Dari mana anda mendengar tentang website ini?
Kami menjaga kerahasiaan data anda
*for non Oriflame members only
©copyright d'BCN